Prestasi


International Fashion and Art di New York merupakan salah satu acara fashion terbesar di dunia. Pergelaran fashion ini menampilkan koleksi musim dingin dan musim gugur. Dalam ajang bergengsi tersebut menampilkan karya-karya dari fashion designer yang berpartisipasi dari berbagai negara. Pada kesempatan tersebut, Indonesia diwakili oleh Joni Permana dan Vanny Toussignant.
Joni Permana, desainer busana dan aksesoris lulusan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung yang baru-baru ini memamerkan kreasinya di Internasional Fashion Art di New York 2019. Dirinya berfokus merancang busana dari cerita-cerita legenda yang ada di masyarakat Jawa Barat, namun lebih luas lagi mengangkat dari budaya Indonesia karena betapa beragamnya budaya Indonesia yang bisa dieksplor.
Yang pertama, Joni mengkolaborasikan antara budaya Cirebon dengan Cina dalam busana yang diberi nama ‘Putri Ongpin’, budaya yang melekat menjadi satu kekayaan yang luar biasa di Cirebon. Kemudian tentang ‘Dewi Sri Pohaci’ yang merupakan simbol dari Dewi Kesuburan, karena pada dasarnya negara Indonesia merupakan negara agraris yang sangat mempercayai mitologi Sri Pohaci. Selanjutnya, Joni terinspirasi dari burung khas dan ikonik Kalimantan yaitu burung Enggang yang dikolaborasikan dengan busana yang simple namun dapat menggambarkan kesan yang enerjik. Kemudian yang terakhir busana yang mengangkat dari cerita Ratu Dewi Siti Samboja, seorang putri kerajaan yang berasal dari Ciamis.
Inspirasi yang didapatkan oleh Joni tidak terlepas dari tradisi dan budaya yang ada di Indonesia.Tema yang bisa ditangkap secara langsung oleh masyarakat umum, tentang budayanya, tentang flora dan faunanya, akulturasinya, yang diterapkan dalam detail-detail ornament pada mahkota dan pada bentuk batiknya yang dikolaborasikan menjadi satu kesatuan.
Yang paling berkesan bagi Joni dalam pameran tersebut yaitu dapat memperkenalkan budaya Indonesia di ajang internasional. Terlebih lagi New York merupakan sorotan dunia dan dirinya diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya sekaligus menyampaikan tradisi dalam desain yang dibuatnya.
“Kita berjuang untuk Indonesia sekarang ini bukan dengan perang, tetapi dengan karya kita, dengan sejauh mana kita memberikan jasa kita kepada negara, dan itu sudah saya perjuangkan dengan membawa tradisi Indonesia kedepan masyarakat luas, khususnya di dunia fashion yang ada di New York,” ucap Joni melalui VoA.

Sumber : 
Facebook Permanna Jonii
Video : https://www.youtube.com/watch?v=YbQXS1qOpYs

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT