Logo

   

Bencana alam merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam atau ulah manusia itu sendiri dan bisa mengakibatkan kerusakan alam serta dampak psikologis bagi yang merasakannya. Tapi, bagaimana jika kejadian tersebut diterjemahkan ke dalam karya busana? Pada hari Jum’at, 2 Februari 2018, mahasiswa/i program studi D4 Tata Rias dan Busana FSRD akan mengelar sebuah acara Art of Costume (AOC) dengan mengangkat tema “Reflection: What goes around comes back around” yang mengemas nilai estetika dari rangkaian peristiwa bencana alam melalui sebuah busana. Diantaranya dengan subtema tsunami, gunung meletus, kebakaran hutan, kekeringan, dan tanah longsor. Acara tersebut akan dilaksanakan di Gedung Kesenian Sunan Ambu, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Bandung, pukul 19.00 WIB.

Tema “Reflection” yang berarti cerminan dipilih dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap alam sekitar, karena pola tingkah manusia yang berdampak terhadap kerusakan alam secara sadar atau tidak manusia sendiri juga yang akan merasakan akibatnya.

Ide-ide kreatif dari 42 kostum adibusana hasil rancangan para designer mahasiswa/i Tata Rias dan Busana angkatan 2015 dan 2016 akan tampil saat fashion show pada malam tersebut. Tidak lupa juga disuguhkan oleh penampilan dari Piktorial Actors Laboratory yang akan memukau para penonton dengan memvisualisasikan kejadian bencana alam melalui performing art.

Acara ini terbuka bagi masyarakat luas, terutama para pemerhati, penikmat, dan orang-orang yang bergerak di bidang fashion. Menurut ketua pelaksana Art of Costume, Ghyna Rahmilah Anwar, dengan diadakannya acara ini, dapat mengukur tingkat apresiasi masyarakat terhadap karya seni fashion. -Nurul Qurrota Ayun-  

Tagged under teacher student tatariasbusana
ISBI Bandung Alamat, Jl. Buah Batu No. 212 Bandung | Phone: +62 7314982 | Fax: +62 7303021 | e-Mail: isbi@isbi.ac.id