Berita ISBI Bandung

Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pada tahun 2018 ini kembali menggelar Festival Teater Remaja (FTR) yang ke-6 dengan mengusung tema “Ada Apa dengan Z?”. Festival yang digelar setiap dua tahun sekali ini, tetap konsisten sebagai ajang belajar dan mendapat pengalaman bagi para pelajar, khususnya remaja, melalui bentuk yang menunjang kompetisi. Selain itu, ajang yang kali keenam diselenggarakan ini memperluas cakupan wilayah peserta dari Jawa Barat hingga Banten. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, FTR tetap menjadi ruang bertemu bagi para pelajar antar daerah untuk melihat, membandingkan, bertukar gagasan, berbagi pengalaman, dan tentunya menambah kenalan. Untuk FTR tahun ini pun tidak terlalu banyak perubahan mengenai formulasi penyelenggaraan dari dua tahun sebelumnya, seperti adanya proses kurasi pada tahun sebelumnya yang juga dilakukan untuk FTR kali ini. Pembeda FTR kali ini dengan sebelum-sebelumnya adalah tema dan gagasan yang dibuat menjadi lebih "dekat" dengan dunia para remaja itu sendiri.

“Festival seperti ini positif dan seakan ini menjadi wajib untuk menghidupkan kembali seni teater disamping diadakannya pagelaran-pagelaran mandiri,” ucap Wakil Dekan I Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung Dr. Jaeni, S.Sn., M.Si dalam konferensi pers yang dilaksanakan pada Jum’at (6/4) di GK. Sunan Ambu ISBI Bandung.

Panggung FTR 6 tahun 2018 ini akan digelar mulai tanggal 22 hingga 29 April 2018 di kampus ISBI Bandung, tepatnya di Gedung Kesenian Sunan Ambu. Saat ini, telah ada 20 kelompok teater yang dinyatakan lolos kurasi, berikut adalah peserta FTR 6: Ada Apa Dengan Z? Tahun 2018:

 

1. Teater Awal Garut (SMAN 6 Garut)

2. Teater Hujan Gerimis (Kota Bandung)

3. Teater Tasbe (SMAN 1 Baleendah)

4. Teater Bahtera (SMAN 8 Kab Tangerang)

5. Bengkel Sastra (SMAN 1 Majalaya)

6. Bale Seni Tarate (SMAN 1 Cikande)

7. Teater Munggaran (SMKN 1 Garut)

8. Teater Aksi (SMKN 15 Bandung)

9. Teater FatamorganART (Kab Bandung)

10.Teater Smadasa (SMAN 1 Dayeuh Kolot)

11. Teater Eskalapa (SMKN 8 Pandeglang)

12. Teater Kompeni (SMKN 1 Bogor)

13. Sanggar Seni Windu (SMAN 8 Kota Serang)

14. Teater Cikal (Kab Bandung)

15. Teater Gawe (SMK N 3 Tasikmalaya)

16. Seni Smansaka (SMAN 1 Karawang)

17. (SMK Taruna Terpadu 1 Kab Bogor)

18. Teater Satu Jam (SMAN 1 Telukjambe)

19. Teater Tambang (SMA Bina Muda Cicalengka)

20. Teater Terajana (SMA IT Raudhatul Jannah Cilegon)

Dalam festival tersebut, selain pertunjukan teater, para peserta juga  dituntut untuk membuat sendiri naskah teater yang nanti akan ditampilkan dengan metode pembuatan naskah yaitu teks kolektif. Hal tersebut agar setiap elemen kelompok teater dapat berkontribusi dan paham dengan naskah yang dibuatnya. Tema mengenai Generasi Z pun bertujuan untuk lebih mendekatkan dan menarik antusias para peserta dan penonton yang terdiri dari para remaja.

Pada tahun ini selain penampilan dari para peserta, juga akan diisi oleh side-event di antaranya: opening ceremony, bazaar merchandise FTR, konferensi pers, pertunjukan seni, pameran instalasi, dan closing ceremony (malam anugerah). Selain itu, di tahun ini juga akan dilaksanakan pemberian penghargaan kepada seniman berupa Lifetime Achievement untuk pegiat seni teater rakyat atau longser, yaitu Alm. Ateng Jafar.

Ada Apa Dengan Z?: Coba Melihat Realita Sosial Melalui Teater Remaja Hari Ini

Generasi yang lahir pada rentang tahun 1995 sampai 2014 dikenal sebagai Generasi Z. Pada intinya, secara definisi Generasi Z adalah generasi yang lahir di generasi internet –generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet (dikutip dari tino.id). Jika hari ini sedang populer istilah Generasi Millenial, Generasi Z adalah generasi setelah itu. Hellen Katherina dari Nielsen Indonesia, bilang bahwa pelaku industri, khususnya, sangat penting untuk memahami perilaku dan kebiasaan dari Generasi Z. "Karena Generasi Z adalah masa depan", kata Katherina.

Maka, apa yang ingin diharapkan dari FTR 6 melalui tema festival yang dimulai dengan pertanyaan: Ada Apa Dengan Z? Jika melihat realita bahwa para generasi z lebih akrab dengan kemajuan teknologi, sesuatu yang cepat, serba global, dan akses mudah kepada apapun, dan semua kondisi itu tentu akan berhadapan dengan realitas sosial yang ada di sekitarnya. Moral, norma, sekolah, keluarga, agama, dan gairah keremajaan itu sendiri yang terus bergesekan di setiap harinya. Hal-hal ini yang diharapkan akan muncul meramaikan FTR 6. Sebuah keresahan, kenakalan, eksperimen, bahkan curhatan dari para remaja, yang bisa kita semua saksikan hadir di atas panggung. Panggungnya para Generasi Z.***

Untuk mengetahui informasi segala aktivitas Festival Teater Remaja VI se-Jawa Barat dan Banten tahun 2018, bisa mengikuti kanal media sosial berikut:

Facebook: Festival Teater Remaja VI se-Jawa Barat dan Banten Tahun 2018

Instagram: @ftrvi2018

Youtube: FESTIVAL TEATER REMAJA

Web: www.vivateater.com

CP: 087709851765 (Humas FTR VI)

Festival Teater Remaja 6 Tahun

*Laporan Agung/Humas ISBI Bandung

Tagged under ftr teater festival

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Seni Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT