Berita ISBI Bandung

 

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pada tahun ini memasuki usia 50 tahun. Pada peringatan dies natalis setengah abad ISBI Bandung ini mengangkat tema Berbagai Budaya Jawa Barat dan Nusantara dalam Bayangan & Mandala: “ISBI Bandung Keur Tatar Sunda Jeung Nusantara”. Tema tersebut menjadi pemicu semangat agar ISBI Bandung dari tahun ini hingga ke depannya bisa terus berkontribusi banyak untuk Tatar Sunda dan Nusantara. Selain itu, melalui tema tersebut juga diharapkan adanya kesadaran dari berbagai pihak yang terkait dan masyarakat umum mengenai pentingnya seni dan budaya bangsa Indonesia.

Berbagai macam rangkaian acara dengan konsep artistik “Citarum Harum”  akan memeriahkan peringatan Dies Natalis 50 tahun ISBI Bandung yang akan diselenggarkan tiga hari berturut-turut dari 5-7 Oktober 2018, dan seluruh rangkaian tersebut dibuka untuk umum. Pada kesempatan ini, selain melibatkan seluruh civitas akademika ISBI Bandung; tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni, tetapi ISBI Bandung juga mencoba untuk melibatkan masyarakat lingkungan sekitar dalam mengisi rangkaian acara, yaitu dengan mengikutsertakan siswa-siswi SDN 119 Cijagra serta anak-anak Panti Asuhan “Amanah Bunda”.

Rangkaian acara Dies Natalis 50 tahun ISBI Bandung dimulai dengan ISBIAN GAMES pada hari pertama, suatu acara yang melibatkan seluruh  warga ISBI Bandung dalam perlombaan Gotong Goong, Sepeda Halang Rintang, Lari Berbusana Tradisional, dan Angkat Ancak. Kemudian pada malam harinya digelar pertunjukan Wayang Golek dari Putra Giri Harja 3 dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya serta Sule Prikitiw sebagai bintang tamu.

Lalu pada hari berikutnya, akan digelar acara Sidang Senat Terbuka dan Orasi Ilmiah  dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai pembicara. Kemudian dilanjut dengan peluncuran dua buku yang berjudul “Wacana Pemajuan Kebudayaan” dan “80 Tahun Saini KM: Guru, Humanis, Inspirator”. Setelah itu dilanjut dengan acara Parancah Budaya, Pemecahan Rekor Permainan Sarung Terbanyak yang melibatkan siswa-siswi sekolah dasar dan anak-anak panti asuhan. Sebagai bentuk rasa syukur, ISBI Bandung juga menggelar acara Berbagi Kebahagiaan melalui seni budaya bersama anak-anak panti asuhan. Pada malam harinya digelar Seni Budaya Rakyat serta Pemutaran Film  karya Mahasiswa dan Dosen dari Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung.

Di hari terakhir peringatan dies natalis ini merupakan ajang untuk bersilaturahmi para alumni melalui acara Tepang Sono bagi Alumni KORI, ASTI, STSI, ISBI Bandung. Pada kesempatan mempererat silaturahmi tersebut juga akan digelar acara Kongres Alumni untuk pemilihan ketua alumni. Rangkaian acara peringatan dies natalis ini kemudian ditutup dengan menggelar acara Apresiasi Seni dan Penghargaan untuk 80 tahun Saini KM.*** (Humas ISBI Bandung)

 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT