Berita ISBI Bandung

Darmasiswa adalah sebuah program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing dari negara-negara sahabat yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Program yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Luar Negeri ini memberikan kebebasan kepada para mahasiswa asing untuk memilih universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun akademik 2018/2019, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung kembali menerima mahasiswa asing yang ingin mengenal dan mempelajari seni dan budaya Indonesia, khususnya seni dan budaya Sunda.
Berawal dari bulan September tahun 2017, sebanyak 17 orang mahasiswa asing dari beberapa negara memulai perkuliahan mereka di ISBI Bandung. Ketua Program Darmasiswa ISBI Bandung Dr. Andang Iskandar, S.Pd., M.Ds. mengatakan bahwa ISBI Bandung telah dipercaya selama 10 tahun untuk menyelenggarakan program Darmasiswa. Para peserta Darmasiswa di ISBI Bandung pun tiap tahunnya selalu bertambah.
" Setiap tahun pelamar program beasiswa Darmasiswa mencapai lebih dari 50 orang. Tahun depan nanti, ISBI Bandung menerima peserta Darmasiswa menjadi 25 orang dari yang tahun sekarang hanya menerima 17 orang," ujarnya.
Negara peserta Darmasiswa tersebut berasal dari negara yang beragam, seperti Filipina, Timor Leste, Thailand, Jepang, Tajikistan, Rusia, Jerman,Slovakia, Kroasia, Belanda, dan Amerika Serikat. Ketika belajar di ISBI Bandung selama satu tahun, mereka mempelajari berbagai macam kesenian, seperti membatik, melukis, membuat patung, mempelajari tari tradisional Sunda, memainkan gamelan, memainkan kacapi, dan suling. Namun terdapat mata kuliah yang wajib mereka ikuti, seperti Bahasa Indonesia.
Di akhir program kuliah para mahasiswa asing tersebut, mereka menggelar acara International Friendship Day. Acara tersebut dimaksudkan sebagai closing ceremony sekaligus ajang evaluasi serta untuk menampilkan hasil pembelajaran para mahasiswa asing tersebut selama mengikuti program darmasiswa di ISBI Bandung.
“Sebenarnya kami tidak menyukai istilah penutupan atau perpisahan, maka kami sebut saja acara ini sebagai International Friendship Day,” ucap Andang.
Dalam acara tersebut menampilkan Tari Keser Bojong, Tari Kembang Tanjung, Tari Topeng,  Kacapi Suling Cianjuran, Gamelan, dan Kendang Ketuk Tilu. Selain itu ada juga pameran dari hasil karya seni berupa batik dan lukisan, serta hidangan masakan khas dari beberapa negara asal peserta darmasiswa.
“Setelah melihat mereka menampilkan kebudayaan Sunda, kami merasa bangga meskipun terdapat tantangan berupa perbedaan latar belakang para peserta dari berbagai negara. Kami berharap setelah pulang dari sini mereka dapat memperkenalkan budaya Indonesia di negaranya,” ujar Andang.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT