Berita ISBI Bandung

KATRO, Karinding Antropologi karya Tony Broer membuka jumpa pers Festival Budaya Nusantara #3 di Gedung Rektorat Lantai 4 ISBI Bandung pada Hari Jumat, 15 November pukul 10.00. Festival Budaya Nusantara ini rencananya akan dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 18 November 2019 bertempat di Sunan Ambu ISBI Bandung mulai pukul 08.00-18.00WIB.

   

 

Munculnya Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung diawali perubahan nomenklatur, tuntutan-tuntutan filosofis dan seni yang bersinggungan dengan budaya secara matang. Program Studi Antropologi Budaya sebagai perwujudan mengangkat nilai-nilai dan kehidupan budaya di masyarakat, terasa langsung menyatu pada masyarakat sebagai narasumber bagi seminar, talkshow, penelitian yang kemudian didokumentasikan berupa film-film dokumenter. Program Studi Antropologi Budaya keberadaannya berdampingan dengan Program Studi Televisi dan Film, eksistensi Prodi Televisi dan Film sudah dilakukan rutin oleh ISBI Bandung dengan menayangkan hasil karya film-film dokumenter mahasiswa setiap hari Selasa pukul 08.30-09.00WIB pada program Kandaga Budaya di TVRI Jawa Barat, paparan dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama, Suhendi Afryanto.

 

Beliau pun menyampaikan platform ISBI Bandung Tahun 2020-2024  yaitu sebagai Center of creativity based of transformation, centre of creativity based an art management and networking, centre of creativity based on cultural zone, centre of creativity based on empowering cultural zona, centre creativity based on cultural engineering.  sesuai platform tersebut ISBI Bandung pada tahun 2024 akan mewujudkan program tridarma perguruan tinggi berbasis kreativitas dan rekayasa budaya.

Perwakilan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP) Jawa Barat, Dra. Ria Andayani menyampaikan amanat UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yaitu membangun sistem ekosistem kebudayaan untuk pelestarian nilai budaya. Melaksanakan program tersebut diperlukan kemitraan salah satunya dengan ISBI bandung yang memiliki satu frekuensi dengan kaitan kelokalan. Kelokalan Banten, Jawa Barat, DKI dan Lampung. Pada event ini sinergi kuat dengan kesenian tradisional, revitalisasi desa adat dan kampung adat sebagai laboratorium budaya.

 

Sajian kesenian pada Festival Budaya Nusantara #3 terdiri dari enam kampung adat yaitu dari Rajah Pohaci Kidung Pangayun Pohaci dari Kampung Adat Cipta Gelar, Penampilan Terbang Sejak dari Kampung Adat Dukuh Cikelet Kabupaten Garut, Beluk dari Kampung Adat Cikondang, Terbang Sejak dari Kampung Naga, Angklung Buncis dari Kampung Adat Cirendeu, Jipeng/Rengkong dari Kampung Adat Sinar Resmi. Selain sajian kesenian akan ada narasumber langsung dari kampung adat di atas membahas tuntas mengenai tradisi pada seminar nasional FBN#3 sebagai sumbangsih terhadap pelestarian kebudayaan, khususnya masyarakat adat sebagai garda terdepan bersama ISBI Bandung untuk melestarikan tradisi nusantara di tengah derasnya arus perubahan, ujar Sri Rustiyanti.

 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Tari
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT