Berita Terkait

Bandung.merdeka.com - Mulai tahun ini Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menerima mahasiswa baru secara online. Dalam waktu dekat, ISBI Bandung akan meluncurkan situs pendaftaran online tersebut.

"Kami akan menggunakan sistem online seperti perguruan tinggi lain. Jadi siapapun bisa mendaftar secara online, portalnya sudah kita siapkan tinggal diluncurkan,” kata Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Een Herdiani, kepada Merdeka Bandung.

Ia menjelaskan, situs online tersebut hanya untuk pendaftaran saja. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ISBI Bandung sendiri tetap dilakukan secara manual, karena harus ada tes bakat dan kemampuan calon mahasiswa.

“Hanya daftarnya via online. Kalau dulu kan manual, daftarnya datang ke sini, berkas harus langsung diberikan. Tapi nanti tidak harus seperti itu, mereka tinggal daftar online, lalu kita berikan jadwal tes bakat,” katanya.

Meski sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), mekanisme penerimaan ISBI Bandung tidak melalui Saringan Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ataupun Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagaimana dilakukan perguruan tinggi negeri lainnya.

Ia menjelaskan, PTN seni di seluruh Indonesia belum ada yang melakukan SNMPTN maupun SBMPTN. Sebab, seleksi untuk calon mahasiswa seni memerlukan tes bakat. Jadi pihak kampus yang menilai apakah tes tersebut lulus atau tidak.

“Memang seharusnya kami sebagai perguruan tinggi negeri ikuti SNMPTN. Dan pemerintah masih memaklumi karena kami harus melihat dari bakat yang akan menjadi mahasiswa di sini,” terangnya.
 
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru ISBI Bandung dapat dilihat di www.isbi.ac.id.

 

Sumber http://bandung.merdeka.com/halo-bandung/isbi-bandung-terima-pendaftaran-mahasiswa-baru-secara-online-160229l.html

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Seni Etnostudi
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT