Info FSP

Hari Teater Sedunia
Bandung, 2019

Viva teater!

Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) Institut Seni Budaya Indonesia Bandung berkolaborasi dengan Kelompok Teater dan beberapa UKM Teater Se-Bandung Raya dan Sekitarnya dalam perayaan Hari Teater Sedunia yang akan diselenggarakan pada 10-12 April 2019. Acara tahun ini terdiri dari Pawai Seni (Pembukaan), Parade Teater, dan Diskusi Teater, diselenggarakan di kampus ISBI Bandung. Hari Teater Sedunia merupakan program dua tahunan yang diadakan KMT ISBI Bandung sebagai bentuk perayaan dari World Theatre Day yang diperingati setiap tanggal 27 Maret setiap tahunnya di seluruh dunia.

Pada acara Hari Teater Sedunia kali ini, ada tiga pertunjukan teater yang akan ditampilkan. Terdiri dari dua pertunjukan dari 7 UKM Teater, satu pertunjukan dari KMT ISBI Bandung. Seluruh pertunjukan dibagi ke dalam 3 zona dan ditampilkan di Gedung Kesenian Dewi Asri, kampus ISBI Bandung.

Berikut adalah zona beserta kelompok yang akan menampilkan pertunjukan: Zona A: Teater Lakon (UPI Bandung), Teater Topeng (Universitas Maranatha), Teater Titics (Universitas Pasundan) & Studi-klub Teater Unisba (Universitas Islam Bandung), Zona D: Teater Awal (UIN Bandung), GSSTF (Universitas Padjadjaran) & Dapur Seni (UPI Cibiru) dan Zona F: KMT ISBI Bandung

Seluruh pertunjukan yang akan ditampilkan berangkat dari tema “Menjaga Proses Teater” yang dipilih dalam perayaan Hari Teater Sedunia kali ini. Tema ini berakar dari keresahan kami para pelaku teater dalam Hari Teater Sedunia ini, bahwa kondisi berproses dalam teater telah mengalami penurunan kualitasnya. Selain itu, menurunnya pertunjukan teater dengan gaya realis beberapa waktu ke belakang, khususnya di Bandung, menjadi salah satu keresahan yang juga dibawa dalam semangat Hari Teater Sedunia tahun ini. Keresahan ini menjadi salah satu alasan juga mengapa seluruh pertunjukan yang akan tampil nanti berasaskan akting realis.

Dalam perayaan Hari Teater Sedunia tahun ini, masing-masing penampil dibagi melalui zona-zona. Tiga Zona di antaranya, Zona Adan Zona D, memuat kolaborasi  antar UKM Teater dari berbagai kampus yang berbeda. Sedangkan Zona F merupakan perwakilan dari KMT ISBI Bandung, organisasi himpunan mahasiswa teater di kampus ISBI Bandung.

Selain tiga pertunjukan yang dihadirkan, dalam perayaan Hari Teater Sedunia tahun 2019 juga akan menghadirkan diskusi teater dengan tema yang sama dengan tema keseluruhan acara, yang akan dipantik oleh Irwan Jamal (seniman teater) pada hari Jumat tanggal 12 April 2019, di area Gedung Kesenian Dewi Asri, kampus ISBI Bandung, pukul 19.00 WIB. Diharapkan, diskusi tersebut dapat menumbuhkan kembali wacana berproses teater di kalangan pelaku teater, khususnya di Bandung.

Acara pembukaan akan diisi dengan pawai seni di kampus ISBI Bandung dan area Jalan Raya Buah Batu. Pawai Seni tersebut akan diisi oleh beberapa penampilan seni pada setiap posnya. Selain itu ada juga bazzar di area Gedung Kesenian Dewi Asri selama acara berlangsung. Seluruh pertunjukan teater dipungut biaya tiket sebesar Rp 25.000,- untuk yang ingin mengapresiasi, sedangkan pawai seni dan diskusi teater tidak dipungut biaya.

Perayaan Hari Teater Sedunia tahun 2019 diharap bisa dinikmati untuk khalayak umum, sebagai perayaan dan pertemuan bagi komunitas, seniman teater dan pelaku teater di Bandung untuk memeriahkan salah satu hari raya pelaku teater sedunia, Happy World Theatre Day!

Viva Teater...Bravo!

 

Jadwal Lengkap Hari Teater Sedunia

Rabu, 10 April 2019
Pawai Seni (Opening Ceremonial)
(Pukul 13.30-16.30 WIB, di kampus ISBI Bandung dan area Jalan Buah Batu)
Pertunjukan Teater Zona F
(Pukul 19.30-21.00 WIB, di Gedung Kesenian Dewi Asri)

Kamis, 11 April 2019
Open Mic Apresiasi
(Pukul 15.30-17.00 WIB, di kampus ISBI Bandung Area G.K Dewi Asri)
Pertunjukan Zona A
(Pukul 19.30-21.00 WIB, di Gedung Kesenian Dewi Asri)

Jumat, 12 April 2019
Pertunjukan Zona D
(Pukul 15.30-17.00 WIB, di Gedung Kesenian Dewi Asri)
Diskusi Teater
(Pukul 19.00-20.30 WIB, di Area G.K Dewi Asri)

 

Acara Hari Teater Sedunia didukung oleh

PT. Sinar Sosro, IM3 Ooredo, Millenial Arm, Flux Incorporated, ID Card Bandung, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Humas ISBI Bandung, Keluarga Mahasiswa Teater ISBI Bandung, UKM Teater Lakon UPI, UKM Studi-klub Teater UNISBA, UKM Teater Titic’s HMBSI FKIP UNPAS, UKM Teater Topeng Universitas Maranata, UKM Teater Dapur Seni Cibiru kampus UPI Cibiru, UKM Teater Awal UIN Bandung, UKM GSSTF UNPAD

 

Media Partner

Inspira TV, kabarkampus.com, Pers Birama, LPM Daunjati, BPPM Pasoendan, Data Teater, kabarteater.id, buruan.co, rumahkedua.media

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT