Info FSRD

Himpunan Mahasiswa Tata Rias dan Busana (Himtarius) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, pada tahun ini kembali menggelar acara “Art Of Costume”, Jum’at (2/2). Acara yang memfokuskan penampilan busana hasil dari rancangan para desainer muda mahasiswa dan mahasiswi Prodi Tata Rias dan Busana Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) pada tahun ini bertajuk “Reflection: What Goes Around, Comes Back Around” yang digelar di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung.

“Kegiatan Art of Costume ini kembali digelar dengan semangat yang lebih terpacu setelah pada tahun sebelumnya lima alumni Prodi Tata Rias dan Busana ISBI Bandung berhasil meraih prestasi di ajang Jember Fashion Carnival,” ujar Pembimbing Mahasiswa pada pagelaran AOC, Mira Marlianti, S. Sn., M. Ds.

Pengusungan tema acara fashion show pada tahun ke-3 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk acara tahun ini pengusungan tema berdasarkan munculnya keresahan terhadap fenomena alam yang telah banyak terjadi, utamanya kejadian bencana alam yang kemudian dibagi menjadi 5 subtema yang terdiri dari tsunami, gunung meletus, kebakaran hutan, kekeringan, dan longsor.

“Intinya, tema ini bermakna sebagai cerminan, apa yang telah kita beri akan berpengaruh terhadap apa yang akan kita dapatkan nanti,” ujar Ghyna Rahmilah Anwar selaku ketua pelaksana acara.

Fenomena bencana alam yang menjadi ide inspirasi kemudian diterapkan ke dalam seni dalam busana. Yang kemudian busana-busana tersebut memiliki pesan yang ingin coba disampaikan oleh para desainer muda dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap alam sekitar.

Dengan begitu, pada pagelaran tahun ini unsur-unsur mengenai bencana alam dikolaborasikan dengan seni dan diaplikasikan ke dalam sebuah rancangan busana yang selanjutnya menjadi 42 model rancangan busana dari 42 desainer dan kelompok desainer yang seluruhnya berasal dari mahasiswa dan mahasiswi Prodi Tata Rias dan Busana ISBI Bandung.

“Saya merasa bangga dan berharap mereka bisa menjadi perancang busana yang handal dan bisa merambah dunia nasional maupun internasional,” ungkap Rektor ISBI Bandung Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum.,yang hadir dalam pagelaran tersebut. Selain itu, Wakil Rektor serta dosen-dosen di lingkungan ISBI juga turut hadir.

Diharapkan, pagelaran ini merupakan suatu ajang untuk menggali serta meningkatkan potensi para mahasiswa dan mahasiswi dalam hal tata rias dan busana. Selain itu, pagelaran ini juga merupakan salah satu bentuk upaya ISBI ikut serta dalam pelestarian lingkungan alam dan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan alam sekitar.

“Lebih jauh lagi, diharapkan ISBI bisa menjadi tunas dalam mengembangkan kreatifitas rancang busana serta bisa menjadi pusat adibusana,” ujar Mira.***Humas/Agung***

 

  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_1
  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_2
  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_3
  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_4
  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_5
  • ART OF COSTUME 2017: REFLECTION “HIMTARIUS: MERANCANG BUSANA, MEMETIK INSPIRASI DARI BENCANA ALAM”_6

Tagged under student artdesain costum

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT